1st Night in Istanbul

Melanjutkan cerita part 1
Kali ini akan berkisah bagaimana perjalanan malam pertama di Istanbul🤣 *sesuatu banget deh heheh

Setelah ketemu Elisa,
Jalanlah kita keluar bandara Sabiha Gokcen
Berbekal arahan dari temannya, kita diminta naik bus dari bandara ke Kadiköy trus nanti nyebrang naik ferry dan sampailah Istanbul
Karena sekali lagi paket data ga berguna, jadilah nurut saja kita naik bus antar kota gitu
Ada sebenernya taksi, tapi kayaknya mahal
Jadilah kita tetapkan hati naik bus namanya Hava Bus
Perjalanan ini seharga 10 TL (turkish lira) *untung masih ada tukeran uang pas waktu itu di Attaruk Airport sehabis beli teh heheh

Sebenernya kita buta peta Turki nih tapi sok-sokan aja PD
Lumayan jauh juga bandara ini ke pusat kota karena memang letaknya di ujung *semacam Modlin di Warsaw lah 😁
Dan sepanjang jalan nampak bangunan-bangunan tinggi pencakar langit layaknya Jakarta di malam hari
Cukup berkembang ekonomi Turki memang
Mulai lah satu persatu orang-orang Turki turun
Kita mulai khawatir dimana akan turun
Dan bertanyalah ke mbak sebelah kursi
Eh, sayangnya dia ga paham bahasa inggris 😅 *duh baiklah komunikasi seadanya deh
Sampai akhirnya turun di tempat yg dia tunjukkan
Dan you know lah bawaan koper segedeee itu angkat2 *hoammm mantapsss

Ini foto terminal kapal Kadikoy (baru inget foto pas udah mau naik)

Pas turun ketemu mbak-mbak orang Indonesia yg lagi liburan juga
Dia bilang asalnya dari Medan dan mampir ke Turki habis dari mana gitu *gampang kali ya dikenali muka Asia kita ini😆
Dan mulailah kebingungan terjadi
Mana Elisa tetiba mabuk dan muntah-muntah
Mau cari toko obat kok ya susah *ga tahu bahasanya
Makanya ini pelajaran besok-besok kalo mau jalan-jalan itu minimal kenal bahasa umum yg dibutuhkan jadi ga kagok banget ya 😁

Sempet bertanya org sana sini tapi pada ga yakin masih buka atau ga
Maklum kita sampe situ udah jam 10an malam
Pun gimana cara kita sampe penginapan yg katanya nyebrang ferry masih bingung
Akhirnya bertanya bolak balik ke sana kemari dan untungnya ada orang yg bisa bahasa inggris dan bisa menjelaskan
Bahwa ini di depan gate buat naik ferry dan itu jam nya sebentar lagi
Buru-burulah samperin Elisa yg lagi nunggu di halte bersama koper besarnya😆 *mana sempat ditanya mau kemana lagi sama org tadi, kubilang aja mau jemput temen

Dan inilah kerempongan yg terjadi lagi
Agak rempong beli tiketnya di sini, mana uang harus pas, atau kalo ga nanti masuk deposit di kartu kita
Udah gitu petugasnya ga helpful 😂 *kok ya masih mending org Indonesia yg jaga di pintu masuk KRL ya hahaaa
Elisa pun udh cemberut aja krn ga helpful bgt ini petugas, mana dia membandingkan dg Eropa yg udh jauh lebih rapi dan maju
Selain karena mentalitas, ini juga bisa dipengaruhi oleh jumlah penduduk
Kan Turki jauh lebih besar jumlah penduduknya dari Eropa, apalagi Indonesia wkwk

Akhirnya berhasil juga beli tiket
Tadinya mau beli yg langsung bisa isi ulang, tapi katanya sayang jadilah beli satu kali trip seharga 6.5 TL *kalo nanya berapa rupiah, hem kira-kira 1 TL itu 3000 rupiah jadi ya kalikan aja
Tipsnya nih, kalo lagi jalan2 gini jangan keseringan dikonversi ke rupiah *nyesek deh wkwkw jadi ya enjoy aja pake turkish lira heheh anggap aja 1 TL itu 1000 rupiah wkwk

Eh ketika udh berhasil beli tiket, masuknya rempong lagi dan ulalaaa kapalnya udh keburu berangkat
Baiklah kita harus menunggu lagi sekitar setengah jam *cek di foto Eminonü-Kadiköy
Tapi satu hal yg bikin trenyuh malam itu,
Tetiba adzan berkumandang dg syahdu
Serasa merasuk ke kalbu *maklum udh beberapa bulan ga denger adzan berkumandang dari kejauhan
Soalnya kalo di Eropa, suara adzan itu hanya di dalam masjid *takut ngeberisikin kali ya 🙄
Dan jam waktu itu menunjukkan pukul 10.30 pm itu baru adzan isya lho*maklum summer time, yg siangnya lebih panjang daripada malamnya
Beneran syahdu dan nikmat sekali adzan malam itu *pokoknya tak terlupa deh
🤣
Syahdu dengerin adzan isya jam 22.40 waktu Istatanbul

Selang berapa lama, kapal pun merapat
Dan kami naik masih dg tentengan koper hehe *padahal aku jg bawa koper tapi yg ukuran cabin size
Kapal ini ada hiburannya juga alias ngamen wkwkw
Dan mantap kali pemandangannya dg lampu kerlap kerlip Istanbul *serasa naik Titanic eaaa
Katanya kalo siang naik kapal ini atau ikut tur Bosphorus itu antri bangettt
Jadilah kita menikmati malam itu
Tapi krn udah agak kucel habis perjalanan, jadi fotonya disembunyikan aja ya😆
Eh ada nih foto pemandangan kerlap kerlip malam

Pas banget malam itu bulan purnama

Alhamdulillah sampailah kita di seberang
Nah masih PR nih nyari dimana hotel kita nginep
Oh iya, penginapan waktu itu nyari di booking.com dg harga yg cukup miring dan fasilitas lumayan lah yaw, namanya Diva's Hotel, 1 kamar unt 2 orang selama 3 malam seharga sekitar 50 € atau ... TL
#kalo udh pernah megang uang euro jadi rupiah itu ga berasa apa2 lho 😆
#pokoknya selama di sana aku anggap 1 € kayak 1000 rupiah aja bahkan hahaha

Nah PR masih belum beres tuh gimana caranya ke hotel *maklum udh lelah dan pengen istirahat
Tadinya mau naik kreta aja tapi karena tiket kita cuma 1 kali trip jadilah ga bisa
Mana agak bandel lagi masuk pake loncat kan *duh memalukan
Tapi akhirnya keluar kita dan pilihan terakhir naik taksi aja biar ga angkat sana sini mana belum tahu apa2 kan
Taksi dari situ ke hotel seharga 15 TL tapi udh ga pake angkat2 lagi dan sampe depan pintu hotel

Oh iya, ini nih yg bikin takjub
Orang Istanbul mantap betul nyetir mobilnya dg kondisi kontur kotanya yg berbukit dan jalanan berbatu ditata
*coba cek di gambar ya, semoga dapat menggambarkan kondisinya
Kayak gitu jalannya, mereka ngebuttt *wusshhh🚘

Dan hamdan lillah, akhirnya sampe pula depan pintu hotel
Sok-sokan pula ngomong pake bahasa turki padahal bisanya cuma "Merhaba" alias selamat datang🤣
Maklum kan klo di dorm itu tiap masuk keluar selalu nyapa "dzien dobry"
Setelah membereskan pembayaran, masuklah kita kamar dan segera istirahat
Oh iya hotel ini deket banget sama area Sultan Ahmed, Hagia Sophia, Topkapi Palace *strategis dan rekomended dah
😉
Dan kita dapat kamar yg lebih baik dari pesanan ternyata *alhamdulillah
Ya, begitulah malam pertama kami di Istanbul