Dilema



Alhamdulillah ala kulli hal sampe ke Warsawa, Polandia. Begitu mudahnya Allah membuat skenario hingga disampaikan ke bumi Allah ini. 😢
Sungguh kadang tak kuasa menahan air mata ketika semangat dan doa mengalir dari sahabat-sahabat di Indonesia, nun jauh lebih dari 1000km dari sini.

Tapi bukan berarti semuanya berjalan baik-baik saja ya. Ada berbagai adaptasi yang harus dilakukan terutama waktu dan tempat shalat serta makanan di negeri minoritas muslim ini. Untungnya karena program yang aku ikuti ini adalah kerjasama internasional, jadi banyak pemakluman dan toleransi baik dari dosen maupun teman-teman.

Ya, tapi bagi kita yg hidup serba mudah di Indonesia, sungguh kadang dilema memang. Ingin rasanya segera pulang ke Indonesia saja tapi satu sisi harus dapat banyak ilmu dari sini karena jauhnya jaraknya. Bahasa pepatah jangan sampe pulang dengan tangan kosong.

Betapa bersyukurnya aku akan skenario Allah dimana cukup 5 bulan saja kamu tinggal di sana karena kemampuanmu survive baru segitu 😅, di saat dulu aku pengen banget daftar beasiswa luar negeri salah satunya ke negara ini, Polandia. Ya, jadi beginilah kisahku ketika ridho orang tua sekolah lanjut di IPB saja dan Allah kasih jalan aku datang ke sini dengan sedikit lika-liku skenarionya. 😄

Terima kasih ya Allah
Atas segala nikmat Mu yang tak pernah bisa aku hitung
Golongkan aku menjadi hamba Mu yang bersyukur
Jaga aku dalam agama Mu hingga ajal menjemput dan Engkau matikan aku dalam keadaan husnul khotimah

Terima kasih teman-teman, sahabat, keluarga atas support dan dukungannya
Terkhusus temen-temen F4 (zulfa, henni, norma, ratih) serta mbak jonas dan fathiya yang support dari awal sampe nganter ke bandara
Bapak ibu atas ridho dan doanya
Adek raras semoga terus semangat kejar mimpi akhirat dan dunianya
Teman-teman AGH 2017 (intan, bu nofi, mbak husna, kak ria, mbak putri, bu warti, dll) yg ga mungkin aku sebut satu-satu #tunggu aku balik Indonesia yaa

And over all,
Aku harus survive melanjutkan hidup di sini sampe batas waktunya
Ga boleh sia-siakan kesempatan ini untuk belajar dan banyak bersyukur
#la hawla wala quwwata illa billah

Komentar

Posting Komentar